Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 15 Februari 2012

Herpes Genital Bisa Ditularkan dari Toilet Umum?

Seorang teman berkeluh kesah karena pasangannya terkena herpes genital. "Dari mana sih dia mendapat penyakit itu? Mungkinkah dari toilet umum?" ujarnya penasaran.

Tampaknya sangat tidak mungkin herpes genital ditularkan melalui dudukan toilet umum. "Sebagian besar penyakit menular seksual ditularkan melalui kontak seksual, apakah dari kulit ke kulit, kontak atau pertukaran cairan tubuh," kata James M. Steckelberg, M.D., internis Mayoclinic.

Mikroorganisme, bakteri dan virus penyebab penyakit menular seksual seperti herpes genital biasanya sensitif terhadap lingkungan dan tidak bisa bertahan lama di luar tubuh, seperti dudukan toliet.

Herpes di organ genital merupakan penyakit menular seksual yang bisa terjadi pria atau wanita. Penanda herpes di organ genital termasuk rasa sakit, gatal dan luka di area kelamin.

Penyebab genital herpes adalah sejenis herpes simplex virus (HSV), yang memasuki tubuh melalui luka kecil di kulit atau membran mukosa. "Kontak seksual merupakan jalan utama virus herpes ini menyebar," katanya.

Tidak ada obat bagi infeksi yang bisa kambuh ini, sehingga menyebabkan tekanan emosi dan rasa malu bagi penderitanya. Namun penderita herpes genital tetap bisa melakukan seks, tentu dengan cara mengelola penyebaran antara penderita dan pasangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar